Kamis, 23 Mei 2013

K-POP

Sejarah Boyband and Girlband





    Virus Boyband Dan Girlband Korea Menyebar Ke Seluruh Penjuru Asia

    Girlband KoreaGirlband Korea dan Boyband Korea sudah seperti virus, mulai menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia termasuk indonesia, dari cara berpakaian, tontonan televisi berupa drama, bahkan musik indonesia juga sudah terpengaruh oleh virus korea. Sementara Malaysia pun tak mau ketinggalan, mereka punya girlband ” Gula-Gula” ( Eight Tones Communication ) Achie (The cutie naughty), Mei Mei (The sexy beauty, Rarra (The petite n’ Funky), (Erwina – The baby of Gula Gula), ChaCha (The Outgoing and Joyous beauty), dan Joy (The cool and Sweet), dan Boyband Max 247 yang banyak dicerca karena mengaku sebagai boyband pertama di Malaysia.Max 247 Awalnya bernama 24:7 terdiri dari 9 orang, yakni Alloi, Virgo, A ar, Fifie, Jaq, Kim, Ob, Iym, dan Taemin. Grup ini bernasib mirip dengan SMASH Indonesia, yakni menuai banyak hujatan dan mendapat label sebagai boyband plagiat, alias tukang niru.
    Sebelum virus girlband korea dan boyband korea melanda indonesia, boyband juga telah mewarnai musik indonesia. Namun, mungkin pada masa itu musik band dengan permainan alat musik yang atraktif lebih di minati daripada musik boyband dan girlband yang lebih menonjolan suara di iringi gerakan tubuh yang lincah, sehingga kemunculan boyband tidak terlalu terlihat.
    Entah faktor apa yang membuat kemunculan boyband dan girlband di indonesia saat ini menjadi perhatian utama para penikmat musik indonesia. Mungkin karena ada beberapa artis, boyband atau girlband korea yang datang ke indonesia untuk memperkenalan musik mereka dan mengunjungi para fans mereka di indonesia. Di indonesia sendiri juga banyak fans boyband atau girlband korea. Hal tersebut juga menimbulkan persepsi yang kurang menyenangkan terhadap kemunculan boyband maupun girlband indonesia. Sebagan fans boyband atau girlband korea menganggap boyband maupun girlband indonesia sebagai plagiat atau peniru. Hal ini di dasarkan adanya kemiripan antara musik, gerakan tarian ( koreografi ), maupun gaya-gaya yang di tunjukkan. Terkadang kemunculan boyband maupun girlband di indonesia tidak di imbangi dengan kualitas vokal yang cukup. Sebagian dari mereka hanya memanfaatkan kesempatan yang ada dengan mengandalkan tampilan fisik yang menarik. Gerakan tarian yang energik menutup kekurangan mereka dalam hal vokal yang seharusnya menjadi fokus utama dalam dunia musik. Hal ini terlihat ketika sedang tampil di atas panggung, boyband maupun girlband indonesia lebih banyak lipsing daripada menyanyi secara live. ketika mereka menyanyi secara live, banyak sekali kekurangan dalam hal vokal yang seharusnya tidak terjadi. Mungkin hal inilah yang tidak bisa di tiru oleh boyband maupun girlband indonesia yaitu penguasaan vokal yang sempurna di iringi gerakan tubuh yang energik. Mungkin mereka dapat menampilkan pertunjukan yang lebih sempurna lagi dengan banyak berlatih vokal untuk hasil yang maksimal.

    Daftar Boyband Dan Girlband Korea

    Girlband Korea
    1. Girls generation/SNSD – SONE
    2. 2NE1 – black jack
    3. 4minute – 4NIA
    4. f(x) – aff(x)tion
    5. wonder girls – wonderFull
    6. kara – kamilian
    7. after school – play girlz/boyz
    8. brown eyed girls – everlasting
    9. t-ara – diadem
    10. baby vox – baby angels
    11. Jewelry – Jewelry Box
    Boyband Korea
    1. Super Junior – E.L.F (everlasting friend)
    2. U-kiss – kiss me
    3. ss501 – triple S
    4. TVXQ – cassiopeia/cassie5.C.N.blue – boice
    6. big bang – V.I.P
    7. SHINee – SHINee WORLD/shawol
    8. 2PM – hottest
    9. FT Island – primadonna
    10. t-max – mighty max
    11. 2AM – i am
    12. PARan – blue ciel
    13. AST’1 – eunice
    14.  beast – beauty
    15.  Epik High – High Skool
    16. SuperJunior M – Flawless
    17. Shinhwa – Shinhwa Changjo
    18. Fly To The Sky – Fly High
    19. ZE:A – ZE:A’S
    bonus :
    1. bi rain – cloud
    2. lee seung gi – airen
    3. BoA – jumping BoA
    4. yoon eun hye – NERI
    5. lee min ho – minoz
    6. kim bum – bummie
    7. jang geun suk – eels
    8. Se7en – Lucky seven
    9. Zhang Li Yin – Chocolate
    10 .Ivy – Ivynus
    Girlband KoreaGirlband Korea dan Boyband Korea memang mewabah dengan tampang2 imut dan cakepnya, namun tampang ganteng cowok2 Korea ternyata tidak  hanya berasal dari personil boyband saja.  Baru2 ini sebuah website Korea melakukan sebuah survey mengenai, “Siapakah artis Pria Korea Selatan yang paling Ganteng di tahun 2011″  yang dipilih oleh netizens. Aktor utama terpanas dari drama Korea ‘Secret Garden’ , Hyun Bin menangkap banyak fans wanita, dan memenangan posisi pertama. Sedangkan Kim Hyun Joong yang terkenal di Asia berada di posisi kedua dengan popularitasnya, yang menunjukkan kekuatan seorang idola terkenal.  ‘Hallyu star’ Song Seung Heon yang membintangi Drama TV  ‘My Princess’ berada di posisi ketiga. Berikut adalah daftar artis2 pria Korea Selatan lainnya yang paling ganteng yang dipilih oleh Netizen:
    1. Hyunbin
    2. Kim Hyun Joong
    3. Song Seung Heon
    4. Kim Jae Joong
    5. Jung il-woo
    6. Yoo Ah-In
    7. Park Yoo Chun
    8. Lee Seung Gi
    9. Lee Min Ho
    10. Jang Geun Suk
    11. Kim Bum
    12. Song Joongki
    13. Nickhun
    14. Jung Yonghwa
    15. Lee Hongki
    16. Rain
    17. Taecyeon
    18. Bae Yong Jun
    19. Kwon Sang-woo
    20. So Ji-sub
    21. Won Bin
    22. Yoo Seung Ho
    23. No Min Woo
    24. Lee Junki
    25. Choung Kyung Ho
    Girlband Korea.

    By : Sumiyati

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar